Pengertian Visual Basic Fungsi dan Penjelasan


IDE kepedekan dari Intregated Development Environment atau dalam bahasa local sendiri maksudnya adalah lingkungan pengembangan yang terintregrasi. Sehingga IDE Visual Basic adalah suatu lingkungan untuk pengembangan aplikasi dari Visual Basic


  Gambar Tampilan Area Kerja Visual Basic


1.   Toolbox
      Toolbox adalah bagian atau panel yang berisi sekumpulan alat atau komponen Visual Basic untuk pengembangan desain dari aplikasi. Dengan demikian komponen-komponen dari toolbox yang kita pakai untuk mempercantik tampilan dari aplikasi yang kita buat.
2.   Form Desaigner
      Form Desaigner adalah jendela untuk mendesain suatu form yang terpilih. Disinilah kita mengambarkan komponen dari toolbox.
3.   Solution Explorer
      Solution Explorer adalah sekumpulan komponen yang terkait pada suatu proyek (solution) yang sedang kita buat. Kita dapat bernavigasi komponen dari proyek kita buat atau tambahkan (form, module, reference) melalui jendela solution explorer ini.
4.   Properties Windows
      Properties Windows adalah jendela yang menunjukka sekumpulan property dari suatu komponen yang sedang kita pilih. Disini kita dapat mengubah nilai properties suatu komponen sesuai yang kita inginkan saat proses desain aplikasi.
5.   Errorlist
      Errorlist adalah daftar error, peringatan dan pesan dari Visual Basic untuk pengguna sehingga kita dapat mengantisipasi kesalahan dalam berbagai penulisan kode serta pengoptimalan penulisan kode karena Visual Basic 2010 dilengkapi dengan kecerdasan dalam memberikan pesan peringatan atau kesalahan dalam penulisan kode oleh pengguna.
6.   Menu Bar
      Menu Bar adalah tampilan menu atau perintah untuk mengoperasikan program Visual Basic. Saat pertama kali jendela program Visual Basic terbuka terdapat tiga belas menu utama, yaitu : File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Windows dan Help.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus data Pada Listview

ENTAH SIAPA YANG TAHU??

PROGRAM PEMBAYARAN LISTRIK DENGAN VB NET