PENGANTAR KRIPTOGRAFI


PENGANTAR KRIPTOGRAFI

Kehidupan kita saat ini dilingkupi oleh kriptografi. Mulai dari transaksi mesin ATM, transaksi di bank, transaksi dengan kartu kredit, percakapan melalui handphone, mengakses internet sampai mengaktifkan peluru kendali menggunakan kriptografi. Begitu pentingnya kriptogreafi untuk keamanan informasi, sehingga jika berbicara mengenai masalah keamanan yang berkaitan dengan pengguna komputer, maka orang tidak bisa memisahkannya dengan kriptografi.

 1.1  Definisi

Jika anda bertukar persan dengan orang lain, maka anda tentu ingin pesan yang anda kirim sampai ke pihak yang dituju dengan amam. Pengertian amam di sini sangat luas. Aman bisa berarti bahwa selama pengiriman pesan tentu anda berharap pesan yang anda kirim berisi sesuatu yang rahasia sehingga jika pesan rahasia dibaca pihak lawan atau pihak yang tidak berkepentingan, maka bocorlah kerahasiaan pesan yang anda kirim. Ini adalah masalah keamanan pesan yang dinamakan kerahasiaan (confidentiality atau privacy).

aman bisa juga berarti anda ingin pesan yang dikirim sampai dengan utuh ke tangan penerima, artinya isi pesan tidak diubah atau dimanipulasi selama pengiriman oleh pihak ketiga. Di sisi penerima pesan, ia tentu ingin memastikan bahwa pesan yang ia terima adalah pesan yang masih asli, bukan pesan yang sudah ditambah-tambah atau dikurangi. Ini adalah masalah keaman pesan yang disebut integritas data  (data integrity) selain itu, penerima yakin bahwa pesan tersebut memang benar berasal dari anda, bukan orang lain yang menyamar seperti anda, dan anda pun yakin bahwa orang yang anda kirimin pesan adalah orang yang sesungguhnya, ini adalah masalah keamanan pesan yang dinamakan otentikasi (authentication).

Jika anda sebagai penerima pesan, anda pun tidak ingin kelak penerima pesan membantah pernah mengirim pesan kepada anda. Ini adalah masalah keamanan yang disebut penyangkal (repudiation). Zaman sekarang banyak orang yang membantah telah mengirim atau menerima pesan. Padahal anda yakin bahwa anda memang menerima pesan dari orang tersebut. Jika pengirim telah membantah telah mengirim pesan, maka anda perlu membuktikan ketidakbenaran penyangkalan tersebut (non-repudiation).

Keempat masalah kemanan yang disebutkan di atas, yaitu kerahasian, integritas data, otentikasi, dan penyangkalan dapat diselesaikan dengan menggunakan kriptografi. Kriptografi tidak hanya menyediakan alat untuk keamanan pesan, tetapi juga sekumpulan teknik yang berguna.

Kriptografi (cryptograhpy) berasal dari Bahasa Yunani “cryptos” artinya “secret” (rahasia), sedangkan “graphein” artinya “writing” (tulisan). Jadi, kriptografi berarti “secret writing” (tulisan rahasia) ada beberapa definisi kriptografi yang telah dikemukakan di dalam berbagai literatur. Definisi yang dipakai di dalam buku-buku yang lama (sebelum tahun 1980-an) menyatakan bahwa kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasian pesan dengan cara menyandikannya kedalam bntuk yang tidak dapat dimengerti lagicmaknanya. Definisi ini cocok pada lalu di  kriptografi digunakan untuk keamanan komunikasi penting seperti komunikasi di kalangan militer, diplomat dan mata-mata. Namun saat ini kriptografi lebih dari sekedar privacy, tetapi juga untuk tujuan data integrity, authentication, dan non-repudiation.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus data Pada Listview

ENTAH SIAPA YANG TAHU??

PROGRAM PEMBAYARAN LISTRIK DENGAN VB NET